Jumat, 06 April 2012

Keamanan Biometric pada Laptop

Menggunakan kata sandi (password) masih sangat mungkin dipecahkan oleh orang lain, tetapi bila menggunakan sistem biometrik akan sangat sulit. Sistem ini mampu mendeteksi sidik jari atau retina, sehingga hanya pengguna pertama kali yang bisa membuka kuncinya. Dengan menggunakan sistem biometrik, orang lain tak akan mampu membuka sistem yang ada pada laptop kita tanpa memiliki sidik jari atau retina kita.

Beberapa pabrikan komputer kini menawarkan laptop yang dibangun dengan sistem identifikasi sidik jari biometric. Hal tersebut berguna untuk membuktikan keaslian pemakai yang didasarkan pada persamaan dari sidik jari yang disimpan ketika perangkat lunak yang pertama dijalankan. Misalnya: Lenovo 3000v200.

Namun, alat biometric mempunyai beberapa kelemahan. Pertama, sulit digunakan. Walaupun pada satu sisi untuk mengurangi risiko keamanan, tetapi dapat membuat frustrasi ketika digunakan. Misalnya, ketika proses login mengalami kegagalan terus-menerus. Kedua, jika menginginkan laptop anda dilengkapi dengan alat keamanan biometric, Anda harus membeli alat tambahan untuk menghubungkannya melalui port kartu PC atau USB. Secara umum tidak mahal, tetapi harus sesuai dengan operasi yang Anda miliki dan mudah disambungkan.

Alat biometrik harus dipandang lebih dipertimbangkan dibanding penggunaan kata sandi untuk keamanan laptop Anda. Dengan memasang alat pendeteksi sidik jari di laptop, dapat bermanfaat dibandingkan hanya dengan menggunakan kata sandi atau enkripsi data. Selain itu, sangat bermanfaat untuk pengamanan data ketika dikombinasikan dengan perangkat lunak enkripsi.

Sumber:
Sudarma S; Tip & Trik Seputar Laptop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Green Transparent Template, Gunakan Mozilla/Google chrome untuk tampilan maksimal :D Untuk Kembali Keatas Klik Gambar yg Diatas Ini :D